Selasa, 08 Januari 2013

TEORI SOSIOLOGI

masalah interaksi sosial boleh dikatakan, merupakan hal yang seolah-olah tanpa batas, karena menyangkut seluruh kehidupan sosial manusia. Ruang lingkupnya sedemikian luasnya, sehingga tidak jarang sulit untuk memikirkannya, mempelajarinya maupun menganalisanya.
Suatu teori akan berguna sekali untuk mempermudah pengkajian suatu masalah dengan ruang lingkup yang sedemikian luasnya itu. Teori tertentu sebenarnya merupakan hasil pengkajian ilmiah untuk menyatukan fakta tertentu sedemikian rupa sehingga, lebih mudah untuk mempelajari keseluruhannya. Menyusun suatu teori lazimnya bertujuan untuk :
  1. Mengklasifikasikan dan mengorganisasikan gejala-gejala sedemikian rupa, sehingga dapat ditempatkan pada suatu perspektif tertentu ;
  2. Menjelaskan sebab-sebab terjadinya gejala-grjala tertentu pada masa lampau, untuk mengadakan prediksi bilamana, dimana dan bagaimana gejala-gejala tertentu akan terjadi pada masa mendatang.
  3. Memahami mengapa dan bagaimana seharusnya gejala-gejala tertentu terjadi atau berlangsung
Di bawah ini akan dijelaskan secara singkat beberapa orientasi teori-teori sosiologis, yang memberikan perspektif berbeda terhadap perilaku nyata dari manusia. Ada kemungkinan suatu teori tertentu sangat sulit untuk dipahami sehingga perlu dicari teori lain sebagai alternatifnya. Kadang-kadang terjadi konflik antara satu teori dengan teori lainnya, padahal gejala yang dipelajarinya adalah sama. Oleh karena itu ada baiknya dikemukakan beberapa perspektif yang merupakan pokok-pokok dari teori-teori tertentu yang dianggap memiliki orientasi yang sama. Dengan mengetengahkan perspektif tersebut diharapkan dapat disajikan latar belakang dari teori-teori sosiologis mengenai manusia, masyarakat dan kebudayaan, pada pembahasan-pembahasan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar